Selasa, 17 November 2015

Macam-macam Alat Komunikasi Modern

Sekarang kita mengenal begitu banyak alat komunikasi yang bisa membuat kita cepat dalam mengirim pesan kepada orang lain. Alat komunikasi modern ini memberi kita kemudahan dalam hal komunikasi dan informasi. Informasi dapat ditayangkan atau disampaikan ke suatu tujuan menggunakan peralatan-peralatan dibawah ini, antara lain:



1.   Komputer, yaitu alat yang berguna untuk mengolah data, sarana (informasi, komunikasi, pendidikan, usaha), dan alat hiburan.

Komputer

2.   Proyektor LCD (Liquid Crystal Display), yaitu alat untuk menayangkan informasi yang berasal dari komputer atau media informasi lain dan memiliki keunggulan, yaitu: mampu menayangkan informasi berformat video.

Proyektor LCD

3.   OHP (Over Head Projector), yaitu alat untuk menayangkan informasi statis yang tertulis pada plastik transparansi yang hanya dapat menayangkan gambar diam.


OHP

4.   Radio, yaitu alat penerima informasi yang berasal dari stasiun pemancar berupa gelombang elektromagnet yang membawa informasi suara melalui udara.

Radio

5.   Televisi, yaitu alat penerima informasi yang berupa gambar dan suara. Televisi berasal dari kata tele (jauh) dan vision (tampak/visual) = informasi dapat dipancarkan dari jarak jauh dan penerima informasi membutuhkan sebuah alat yang disebut televisi untuk menerima informasi dalam bentuk suara dan visual.

Televisi

6.   Internet, yaitu hubungan antar komputer dalam suatu jaringan global yang memungkinkan setiap komputer saling bertukar informasi.


 Jaringan Internet

7.   GPS (Global Positioning System), yaitu alat informasi berfungsi menentukan letak, arah atau kecepatan benda yang berada dipermukaan bumi.



GPS

8.   Faximile, yaitu alat untuk mengirim dan menerima dokumen melalui jalur telepon. Dokumen yang dikirim dengan faximile sama persis dengan dokumen asli. 


Faximile
9.   Satelit Komunikasi, yaitu benda buatan manusia yang diletakkan di ruang angkasa untuk keperluan telekomunikasi.

Satelit komunikasi
 10.   Telepon, yaitu alat komunikasi berguna untuk mengirim data suara melalui sinyal listrik. Alat yang ditemukan oleh Alexander Graham Bell ini menggunakan kabel sebagai media penghantar.


Telepon
11.   Handphone atau telepon seluler, yaitu alat komunikasi bergerak untuk mengirim data suara. Telepon seluler menggunakan gelombang elektromagnet sebagai media penghantar. Kelebihan telepon seluler adalah sifatnya yang mudah dibawa.

Handphone
12. Modem, yaitu perangkat keras yang berfungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal listrik yang dapat merambat melalui telepon, dan sebaliknya. Modem merupakan perangkat penting untuk mengakses internet.

Modem
Nah, sekian informasi dari saya mengenai alat-alat komunikasi modern. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Terima kasih.

4 komentar:

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar